Sabtu, 07 September 2019

Ingredient #3


1. Terasi
Terasi adalah salah satu bumbu masak yang berasal dari hasil fermentasi ikan atau udang. Terasi memilki nama lain yaitu balacan. Warna dari terasi ini adalah hitam kecoklatan dan memiliki tekstur seperti pasta yang agak kasar atau berbentuk adonan. Terasi ini memiliki bau yang cukup menyengat namun dapat menciptakan rasa yang gurih pada masakan. Terasi memilki rasa yang cukup asin sehingga Anda tidak perlu menambahkan garam terlalu banyak. Biasanya orang menggunakan terasi untuk membuat sambal terasi.  Terasi yang nikmat adalah terasi yang berasal dari pulau Jawa khususnya yang terasi yang berasal dari daerah Tuban, Jawa Timur. Terasi tersebut terkenal karena tidak mengandung pengawet dan berasal dari udang rebon yang berkualitas baik.

Fungsi
Terasi sebagai bumbu masak yang memiliki aroma menyengat ini ternyata memiliki khasiat yang cukup baik bila dikonsumsi setiap hari. Mengkomsusi terasi berarti Anda membantu untuk pembentukan darah karena mengandung vitamin B12. Pengolahan terasi yang melalui fermentasi menyebabkan terasi tidak mudah ditumbuhi oleh kuman atau bakteri. Namun konsumsi terasi tidak dianjurkan jika dimakan langsung karena terasi tetaplah sebagai bahan tambaha yaitu sebagai bumbu dapur.
Terasi yang baik adalah terasi yang memilki aroma yang segar dan berasal dari udang. Karena terasi udang terutama udang rebon memiliki rasa yang lebih gurih dan asin. Mengolah terasi cukup mudah karena terasi dapat digoreng atau dibakar agar memiliki rasa yang lebih kuat ketikan dicampur dalam masakan seperti sambal terasi ataupun kangkung balacan.

Cara Mengolah
Terasi memang bisa jadi dijadikan salah satu bumbu masak yang wajib Anda punya di dapur Anda. Jika Anda salah memilih terasi efeknya akan menimbulkan bau yang sangat tajam dan busuk. Berikut beberapa cara memiliih dan mengolah terasi dengan tepat:

1. Pilihlah terasi yang segar yaitu yang masih dalam kemasan utuh dan tidak sobek kemasannya;
2. Terasi yang bagus adalah terasi yang berwarna hitam kecoklatan bukan yang berwarna kemerahan karena yang berwarna kemerahan sudah dicampur dengan pewarna;
3. Kualitas yang baik dari terasi dapat dites dengan baunya yang segar dan tidak menimbulkan bau busuk yan menyengat;
4. Terasi dapat digoreng terlebih dahulu lalu tiriskan ataupun dibakar;
5. Simpan terasi yang digoreng atau dibakar tadi dengan wadah kedap udara agar kualitas terasi tetap terjaga;
6. Hasil fermentasi menyebabkan terasi memiliki rasa yang asin sehingga tidak perlu menambahkan terlalu banyak garam pada masakan;
7. Membuat sambal terasi sangat mudah. Cukup campurkan satu sendok teh terasi dan haluskan bersama bahan-bahan lainnya seperti, cabai merah, cabai rawit, dan sedikit gula.

Sumber : http://www.kerjanya.net/faq/18074-terasi.html



2. Ketumbar

Ketumbar merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang banyak digunakan oleh masyarakat luas khususnya di Asia. Sudah sejak dahulu kala tanaman ketumbar banyak diperdagangkan di daerah ini. Umumnya yang digunakan dari ketumbar adalah bijinya yang berukuran kecil. Biji ketumbar dapat digunakan secara langsung ataupun digerus terlebih dahulu. Selain biji, daun ketumbar juga banyak digunakan.
Untuk mengembangbiakkan ketumbar, diperlukan suhu yang dingin atau sejuk. Ketumbar tidak dapat hidup di suhu terlalu panas. Tanaman ketumbar tumbuh tidak terlalu tinggi. Hal ini menyebabkan ketumbar dengan mudah dibiakkan di Indonesia.

Fungsi
Kegunaan dari ketumbar tidak lain adalah sebagai bumbu pelengkap masakan. Masakan tradisional Indonesia yang dikenal kaya akan citra rasa umumnya menggunakan ketumbar sebagai campurannya. Daun ketumbar digunakan seperti halnya kita menggunakan daun seledri. 
Dengan menggunakan ketumbar, rasa dari masakan yang dibuat akan lebih pekat. Umumnya masyarakat akan menggunakan ketumbar yang digerus untuk mendapatkan rasa seperti itu. Selain penguat rasa alami, ketumbar juga dipercaya memiliki khasiat untuk meredakan kembung sehingga memperbaiki saluran pencernaan. Ketumbar juga dipercaya dapat melancarkan ASI bagi ibu yang sedang menyusui. 

Cara Mengolah
Dengan mudah ketumbar dapat diperoleh diberbagai pusat perbelanjaan. Masyarakat tidak perlu lagi menggerus ketumbar untuk mendapatkan bubuknya. Umumnya mereka telah menjual bubuk ketumbar. Malahan masyarakat akan lebih sulit jika mencarinya dalam bentuk butiran kasar. Cara menyimpan ketumbar juga sangat mudah. Hanya perlu dimasukkan dalam wadah bersih saja. Gunakan wadah dengan permukaan yang bolong untuk memudahkan penggunaan. Daya tahan ketumbar juga cukup lama sehingga masyarakat tidak perlu khawatir dalam menggunakannya.
Untuk memasak jenis makanan tradisional diperlukan ketumbar dalam jumlah yang berlebih sehingga Anda harus membubuhkan ketumbar melebihi jumlah biasanya. Hal ini dimaksudkan untuk megeluarkan rasa masakan tersebut. Sementara untuk daun ketumbar, Anda dapat menggunaan daun ketumbar ini dengan cara mengirisnya kecil-kecil lalu menaburnya di atas masakan yang akan disajikan. Cara ini sama seperti daun lainnya yang sering kali digunakan sebagai pelengkap masakan.

Sumber : http://www.kerjanya.net/faq/18276-ketumbar.html



3. Kemiri
Kemiri adalah salah satu jenis kacang-kacangan. Kemiri sering disamakan dengan candle nut. Kemiri berkulit keras dan biasanya dimanfaatkan dagingnya. Kemiri bertekstur keras tetapi tetap mudah dihancurkan. Kemiri merupakan salah satu jenis bumbu utama masakan. Kemiri banyak digunakan untuk masakan Asia, masakan lokal, hingga masakan barat. Kemiri memiliki rasa yang manis. Kemiri berwarna putih dengan cangkang keras berwarna coklat kehitaman. Kemiri juga merupakan biji-bijian yang dapat dibelah dua. Kemiri berbentuk bulat dan biasanya dijual dalam bentuk kupasan. Kemiri dipasarkan dalam bentuk kiloan atau sudah dipak dalam plastik. Kemiri memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Kemiri sudah menjadi komoditi utama di Indonesia dan banyak dihasilkan di berbagai daerah di nusantara.

Fungsi
Kemiri dimanfaatkan untuk berbagai hal. Kemiri memiliki kandungan fosfor yang tinggi dan kalsium yang cukup tinggi juga. Manfaat kemiri yang terkenal adalah untuk menumbuhkan dan melebatkan rambut dengan cara dibuat minyak. Kemiri juga dimanfaatkan untuk mengobati sariawan dan meredakan nyeri akibat sakit gigi. Selain itu, kemiri bisa dimanfaatkan untuk obat diare.
Penggunaan kemiri untuk masakan berfungsi untuk mengentalkan kuah. Kemiri dapat membuat kuah bening menjadi keruh dan kental. Penggunaan kemiri untuk mengentalkan kuah biasanya dimanfaatkan untuk soto, rawon, dan sebagainya. Selain itu, kemiri juga umumnya digunakan untuk membuat bumbu menempel pada bahan masakan misalnya bumbu balado agar menempel pada ayam.

Cara Mengolah
Kemiri dapat disimpan dalam waktu yang lama hanya dengan disimpan dalam toples tertutup baik dalam keadaan terkupas atau tidak terkupas. Untuk pengolahan masakan, kemiri umumnya dihaluskan dengan cara ditumbuk halus atau diparut halus. Kemudian kemiri dicampurkan dengan bumbu halus dan ditumbuk bersama bumbu tersebut.
Kemiri juga bisa dibuat minyak. Membuat minyak kemiri cukup mudah. Anda hanya perlu merebus kemiri sampai matang. Kemiri yang direbus matang akan mengeluarkan minyak. Minyak tersebut diambil dan didinginkan lalu disimpan dalam botol tertutup. Anda juga dapat menambahkan minyak zaitun dalam minyak kemiri yang sudah jadi untuk menambah aroma wangi.

Sumber : http://www.kerjanya.net/faq/18014-kemiri.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar