Senin, 13 Mei 2019

Ingredient


1. KECAP

History
Kecap adalah bumbu dapur atau penyedap makanan yang berupa cairan berwarna hitam yang rasanya manis atau asin. Bahan dasar pembuatan kecap umumnya adalah kedelai atau kedelai hitam. Namun ada pula kecap yang dibuat dari bahan dasar air kelapa yang umumnya berasa asin. Kecap manis biasanya bertekstur kental dan terbuat dari kedelai, sementara kecap asin bertekstur lebih cair dan terbuat dari kedelai dengan komposisi garam yang lebih banyak, atau bahkan ikan laut. Selain berbahan dasar kedelai atau kedelai hitam bahkan air kelapa, kecap juga dapat dibuat dari ampas padat dari pembuatan tahu.Kata kecap diduga berasal dari dataran cina sekitar 3000 tahun yang lalu atau 1000 SM yaitu koechiap atau ke-tsiap yang secara umum artinya kuah ikan atau saus ikan.
Dengan bersamaan berkembangnya agama budha di jepang, kecap ikut diperkenalkan yaitu pada tahun 500-600 SM. Istilah ketchup di dalam bahasa Inggris pun diduga keras berasal darikoechiap karena dalam dialek Hanzi yang artinya saus terong kecil alias tomat.
Sedangkan catatan penemuan kecap manis di indonesia yang ada hanya di pulau jawa. Tetapi, di dalam buku tulisan Sir Thomas Stamford Raffles yang berjudul The History of Java, sudah ada catatan tentang kedelai dan kecap. jadi, kedelai, tempe, dan kecap sudah ada di Jawa pada abad ke-18.

Karakteristik :
Kecap manis dan kecap asin sama-sama berasal dari fermentasi biji kedelai, sehingga keduanya berwarna hitam pekat. Di sisi lain, kecap ikan dibuat dari fermentasi ikan dan garam yang tidak diberi pewarna tambahan, baik alami maupun buatan, sehingga umumnya berwarna jingga-bening.
Tapi ternyata, ada juga warna kecap ikan yang coklat-bening maupun sedikit kehitaman. Bukan berarti kualitas kecap ikan ini buruk, ya. Negara-negara produsen kecap ikan memang sengaja memberikan ciri khas pada produk kecap mereka. Jadi, warna kecap ikan yang berbeda antara merek satu dan yang lain ini bergantung pada pabrik pembuatnya, jenis ikan yang dipakai, dan bagaimana ikan tersebut diolah menjadi kecap.Tekstur dan rasa kecap yang khas Meskipun sama-sama kecap, ketiga jenis penyedap rasa ini memiliki tekstur yang berbeda. Kecap manis memiliki konsistensi yang pekat dan kental, sedangkan kecap asin dan ikan cenderung encer. Lalu dari segi rasa, kita juga bisa menebaknya dengan mudah. Kecap manis tentu terasa manis cenderung gurih, begitu juga kecap asin yang asin dan kecap ikan yang memiliki aroma amis khas ikan.

Manfaat 
Kegunaannya dalam memasak serta jenis masakannya
Karena masing-masing kecap punya ciri khas, tentu pemakaiannya juga tak bisa sembarang. Namun ketiga jenis kecap ini pastinya digunakan sebagai penyedap rasa masakan Asia, entah dicampurkan dalam masakan, jadi saus, atau topping masakan tertentu.
Secara spesifik, kecap manis dipakai untuk menambahkan rasa manis-gurih pada masakan. Biasanya, kecap ini dikolaborasikan dengan kecap asin untuk segala masakan “asam-manis”. Namun ada juga beberapa masakan yang cukup menonjolkan rasa kecap manis seperti semur, ayam goreng mentega, ayam kungpao, sate telur puyuh, tempe-tahu bacem, dan aneka masakan yang umumnya berwarna coklat gelap.
Kecap asin tentunya dipakai untuk menambahkan rasa asin. Berbeda dengan garam, kecap asin memiliki rasa asin yang khas. Biasanya, kecap ini dipakai untuk masakan khas Asia seperti nasi goreng, mie goreng, tumisan atau cah, dan sebagainya. Kecap ikan dipakai untuk menambahkan sensasi rasa dan aroma khas ikan. Otomatis, hidangan yang cocok adalah hidangan ala seafood seperti sup ikan, udang saos tiram, dan sebagainya. Ingat, jangan terlalu banyak pakai kecap ikan karena rasanya cukup asin dan aromanya menyengat.

Nutrisi 
Kecap mengandung energi sebesar 46 kilokalori, protein 5,7 gram, karbohidrat 9 gram, lemak 1,3 gram, kalsium 123 miligram, fosfor 96 miligram, dan zat besi 6 miligram. Selain itu di dalam Kecap juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0 miligram dan vitamin C 0 miligram. Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Kecap, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 %.




2. SAUS TIRAM

History
Saus tiram (Hanzi: 蚝油 pinyin: háo yóu) adalah saus kental berwarna agak kehitaman dalam masakan Tionghoa yang dibuat dari bahan dasar tiram dan mempunyai rasa gurih dan asin.
Saus tiram berkualitas tinggi dibuat dari tiram yang dimasak hingga mengental tanpa tambahan garam, monosodium glutamat (vetsin) dan tanpa bahan pengawet. Saus tiram juga ada yang masih mengandung potongan kecil daging tiram.
Saus tiram berkualitas tinggi tidak enak dan berharga mahal sehingga saus tiram ini tidak untuk dikonsumsi masyarakat banyak dibuat dari sedikit kaldu tiram encer ditambah tepung pengental, karamel gula dan monosodium glutamat. Saus tiram khusus vegetarian dibuat dari bahan dasar jamur dengan tambahan bahan perasa. Lee Kum Kee adalah salah satu produsen saus tiram yang terkenal.
Masyarakat provinsi Guangdong di Tiongkok mempunyai tradisi membuat tiram kering (蠔豉 háochǐ) dari tiram yang dijemur setelah direbus dengan air garam. Pada tahun 1888, pengusaha bernama Lee Kam Sheung dari desa Nam Shui di provinsi Guangdong membuat saus dari air rebusan untuk membuat tiram kering yang dikentalkan dengan tambahan gula dan bahan lain.
Pabrik saus milik Lee Kam Sheung di desa Nam Shui terbakar pada tahun 1902, sehingga pabrik dan pusat penjualan saus tiram dipindahkan ke Makao yang menjadi cikal bakal perusahaan Lee Kum Kee. Pada tahun 1932, perusahaan Lee Kum Kee mendirikan perwakilan di Hong Kong dan merek dagang Lee Kum Kee menjadi semakin terkenal di seluruh dunia hingga sekarang.

Karakteristik
 Pada dasarnya, saus tiram terdapat dua jenis yakni yang terbuat dari tiram segar asli dan saus yang dibuat dari tiruan rasa dan aroma tiram. terdapat dua jenis yakni yang terbuat dari tiram segar asli dan saus yang dibuat dari tiruan rasa dan aroma tiram.
Saus tiram asli memiliki aroma tiram yang lebih kuat dan harganya lebih mahal dari yang tiruan. Bahkan saus tiram dari tiram asli juga ada yang masih mengandung potongan kecil daging tiram. Saus tiram jenis ini harganya relatif lebih mahal. Sedangkan saus tiram yang biasanya di konsumsi masyarakat pada umumnya harganya relatif lebih murah. Hal ini dikarenakan saus tiram jenis ini dibuat dari sedikit kaldu tiram encer dan ditambahkan tepung pengental, gula karamel dan monosodium glutamat atau MSG.
Dengan seiring perkembangan zaman, kini tersedia juga saus tiram khusus untuk vegetarian. Saus tiram ini memang dibuat khusus untuk para vegetarian dengan bahan dasar jamur yang ditambahkan dengan perasa. Jamur yang diolah biasanya memakai jamur tiram atau jamur shitake.

Manfaat
Kegunaan dari saus tiram yang paling utama adalah sebagai bahan atau saus dalam memasak makanan. Dengan menggunakan saus tiram ini tentunya masakan akan jauh memiliki rasa dibandingkan dengan sebelumnya. Saus tiram yang beredar dipasaran kebanyakan sudah dicampur dengan bahan lainnya sehingga kandungan tiram di dalamnya tidak lagi sepekat saus tiram aslinya. Namun, hal ini tidak mengubah rasa alami dari saus tiram itu sendiri.

Nutrisi : 
Karena terbuat dari tiram maka saus tiram kaya akan protein dan senyawa glutamat alami. Selain itu, saus tiram juga memiliki kandungan Zinc, omega 3, kalsium, lemak, natrium, kalium, serat pangan, zat besi, vitamin B12, vitamin C dan magnesium.
Kandungan zinc ini sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk perkembangan janin. Di samping itu kandungan omega-3 nya baik untuk perkembangan otak janin dan menghindari adanya resiko cacat.
Kandungan zinc atau seng yang terdapat dalam tirang ini juga dapat membantu untuk meningkatkan kinerja seksual dan libido pada pria. Karena tiram bisa membantu meningkatkan kadar dopamin yang meningkatkan tingkat hormon seks. Selain itu, kandungan mineral seperti kalsium, fosfor, seng dan tembaga yang terkandung dalam tiram juga bisa membantu untuk dapat meningkatkan kepadatan mineral pada tulang sehingga terhindar dari osteoporosis.



3. SAUS TOMAT

History
Saus tomat atau saus tomat adalah saus yang dibuat dari buah tomat yang sudah masak ditambah gula, garam, cuka dan rempah-rempah seperti cengkih dan kayu manis. Bawang bombay, seledri dan sayuran lain juga sering ditambahkan ke dalam saus tomat. Saus tomat Indofood dan saus tomat ABC adalah merek-merek saus tomat yang terkenal di Indonesia.
H. J. Heinz Company, Hunt's, Del Monte Foods, dan Brooks Ketchup merupakan nama distributor saus tomat terbesar di Amerika Serikat.Saus tomat digunakan pada kentang goreng, sandwich, dan berjenis-jenis masakan ayam dan daging yang dipanggang atau digoreng. Campuran saus tomat dan mayones merupakan bahan utama saus selada yang disebut Thousand Island.
Ketchup adalah sebutan dalam bahasa Inggris untuk saus tomat yang diucapkan seperti kata kecap dalam bahasa Indonesia. Asal usul saus ketchup adalah sejenis saus yang sudah dikenal sejak lama di Asia yang disebut "koe-chiap" or "ke-tsiap" dalam dialek Amoy di Tiongkok atau "kechap" (ketjap) dalam bahasa Melayu. Pelaut Inggris dan Belanda memperkenalkan saus encer berbahan dasar ikan dari Asia yang disebut "catchup" ("ketchup") dan menambahkan berbagai bahan lain agar sesuai dengan selera orang Eropa. Penambahan tomat ke dalam "kecap" mungkin merupakan inovasi orang Inggris, walaupun pendapat lain mengatakan saus tomat adalah ciptaan orang Amerika.
Resep saus tomat yang pertama dimuat dalam buku masak di Amerika yang berjudul Sugar House Book pada tahun 1801. Saus tomat yang dibuat sesuai dengan resep Sugar House Book pasti rasanya sangat asin, karena perlu garam seberat 1 pound (453,59 gram) untuk mengolah 100 buah tomat menjadi saus tomat. Pada tahun 1824, resep "ketchup" muncul dalam buku resep The Virginia Housewife oleh ahli masak terkenal abad ke-19 bernama Mary Randolph yang merupakan saudara sepupu Thomas Jefferson.
Saus tomat perlahan-lahan menjadi populer di Amerika seiring dengan orang Amerika yang makin suka makan tomat. Pada waktu itu sudah dijual saus tomat buatan petani tomat untuk memenuhi kebutuhan pasar lokal. Jonas Yerks (Jonas Yerkes) konon merupakan orang pertama yang membuat saus tomat secara besar-besaran di Amerika Serikat. Saus tomat buatan perusahaan Jonas Yerks sudah dijual secara nasional pada tahun 1837. Jejak Jonas Yerks banyak diikuti perusahaan lain seperti F. & J. Heinz yang memulai produksi saus tomat pada tahun 1876.
Kamus Webster's Dictionary terbitan tahun 1913 mendefinisikan "catchup" sebagai "table sauce made from mushrooms, tomatoes, walnuts, etc. [Written also ketchup]" (saus dari jamur, tomat dan kacang walnut, juga ditulis sebagai ketchup). Saus tomat modern muncul di awal abad ke-20 akibat perdebatan mengenai pemakaian bahan pengawet sodium benzoat. Harvey W. Wiley, dari Food and Drug Administration kuatir terhadap dampak benzoat terhadap kesehatan. Henry J. Heinz menanggapi kekuatiran FDA dengan menciptakan resep baru saus tomat tanpa bahan pengawet.

Karakteristik
Saus tomat dengan tomat merah matang dengan cara menghancurkan, memukul, mengeluarkan kulit dan biji dan bahan keras lainnya, sterilisasi yang terkonsentrasi, kaleng, dibuat. Saus tomat adalah saus merah terang, dengan cita rasa tomat yang unik, merupakan bumbu khas, umumnya tidak langsung diimpor.
Saus tomat yang biasa digunakan untuk bumbu masakan ikan, daging dan bumbu masakan lainnya, diberi warna, tambahkan asam, segar, bumbu Yu Xiang untuk dibagikan. Penggunaan saus tomat, adalah pembentukan rasa rasa Kanton Hong Kong dari kandungan bumbu yang penting. Saus tomat kaya lycopene, lycopene pada kanker payudara, kanker paru-paru, kanker endometrium dan kanker usus besar memiliki efek pencegahan, serta diuretik dan penghambatan efek pertumbuhan bakteri, merupakan antioksidan yang sangat baik, dapat menghilangkan kebebasan basis tubuh manusia. Rasa saus tomat manis dan asam, bisa menambah nafsu makan, lycopene di negara yang mengandung lemak lebih mudah diserap tubuh.


Nutrisi :

Saos Tomat mengandung energi sebesar 98 kilokalori, protein 2 gram, karbohidrat 24,5 gram, lemak 0,4 gram, kalsium 12 miligram, fosfor 18 miligram, dan zat besi 1 miligram. Selain itu di dalam Saos Tomat juga terkandung vitamin A sebanyak 1880 IU, vitamin B1 0,09 miligram dan vitamin C 11 miligram.


Sumber:
https://www.ayobandung.com/read/2017/03/13/17616/ini-dia-sejarah-asal-muasal-saus-tomat
https://id.wikipedia.org/wiki/Kecap
https://id.wikipedia.org/wiki/Saus_tomat
http://www.organisasi.org/1970/01/isi-kandungan-gizi-saos-tomat-komposisi-nutrisi-bahan-makanan.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Saus_tiram


Tidak ada komentar:

Posting Komentar