Selasa, 12 November 2019

Ingredient #4

1. Merica 
Hasil gambar untuk merica

Merica adalah sejenis tanaman obat yang diambil buahnya. Di kalangan masyarakat, Merica juga dikenal dengan nama lada. Terdapat dua macam Merica yang diketahui masyarakat, yaitu Merica putih atau Merica hitam. Perbedaan keduanya yang pasti dapat dilihat dari tampilan warna yang ada. Namun, tidak ada perbedaan signifikan yang ditimbulkan dari segi rasa. Lada putih diperoleh dengan menggunakan buah yang belum matang sementara lada hitam dibuat dengan menggunakan buah yang sudah matang.
Fungsi
Kegunaan dari Merica atau lada adalah memberikan rasa sedikit panas atau pedas pada masakan. Lada putih sangat umum digunakan sebagai campuran masakan dan dilarutkan bersamaan dengan masakan itu sendiri. Umumnya Merica akan digunakan pada setiap santapan sup. Sementata lada hitam lebih banyak digunakan sebagai pelengkap makanan yang sudah dimasak.
Bentuk atau tekstur dari Merica yang banyak dikenal di masyarakat juga ada dua macam, yaitu Merica halus atau Merica yang masih berbentuk butiran. Tentunya untuk memperoleh bentuk yang halus, awalnya Anda perlu melakukan proses penggerusan terlebih dahulu. Dari Merica yang berbentuk butiran pula kita dapat mengatur besar kecil butiran yang akan digunakan. Tentunya Merica yang masih berbentuk butiran akan memiliki rasa yang lebih pekat dibanding Merica halus.
Cara Mengolah
Untuk cara menyimpan Merica sehingga tahan lama, Anda dapat menempatkan Merica bubuk dalam suatu wadah yang memiliki pori di ujungnya. Hal ini akan mempermudah pada saat penggunaan. Anda hanya perlu mengocok tempat Merica dan Merica bubuk akan langsung keluar. Hal yang sama juga terjadi untuk Merica kasar. Hanya saja untuk menggunakan Merica kasar, Anda perlu memiliki pori yang lebih besar. 
Jika Anda ingin menyiapkan Merica kasar sebagai bahan pelengkap untuk makanan yang sudah matang, tempatkan bumbu yang satu ini dalam wadah khusus sehingga mereka yang akan menggunakan dapat mengatur kadar kehalusan dari Merica ini. Umumnya metode semacam ini banyak dijumpai di berbagai tempat makan, terutama bagi restaurant yang menyajikan menu makanan ala Barat. 

Sumber : http://www.kerjanya.net/faq/17882-merica.html


2. Pala
Hasil gambar untuk pala
Pala adalah jenis rempah-rempah berharga tinggi yang digunakan di seluruh dunia. Pala atau dikenal dengan nama nutmeg dalam Bahasa Inggris didapat dari gilingan biji buah pala. Memang buah pala yang dimanfaatkan hanya bijinya. Pala digunakan untuk menambah rasa pedas dan berempah dalam masakan atau minuman. Pala banyak dihasilkan di daerah Maluku terutama di Halmahera. Pala merupakan komoditas rempah-rempah yang diekspor ke Eropa. Pala mampu membantu menghangatkan tubuh dan membuat sedap masakan. Pala berbentuk bulat dan keras serta berwarna kehitaman. Pala dapat bertahan lama dalam keadaan kering sehingga bumbu ini merupakan item wajib di dapur ibu-ibu nusantara. Pala dapat disimpan kering atau dijadikan bubuk.
Fungsi
Pala mengandung zat kalsium dan magnesium yang bagus untuk perkembangan tulang dan membantu menjaga kesehatan organ-organ tubuh. Pala berfungsi sebagai penghangat tubuh dan menjaga metabolisme serta membantu proses detoksifikasi alami. Saat ini, pala juga sedang diteliti dan dikembangkan sebagai penghambat sel kanker darah karena mengandung semacam minyak esensial. Pala juga baik untuk kesehatan kulit dan menjaga sirkulasi darah.
Untuk urusan kuliner, pala tidak perlu dipertanyakan lagi. Pala terbukti menambah aroma dan rasa rempah yang kuat dalam masakan. Contoh masakan menggunakan pala adalah bakso, sop, rolade, patty, dan sebagainya. Pala juga terkadang digunakan untuk menghangatkan tubuh dengan ditambahkan dalam minuman hangat berempah. Pala berkhasiat pula untuk menghilangkan bau tidak sedap dalam bahan masakan misalnya ikan.
Cara Mengolah
Pala bisa disimpan di dalam toples tertutup atau wadah terbuka dalam waktu lama bahkan bertahun-tahun. Pala sebaiknya disimpan dalam kondisi kering berbentuk utuh atau gilingan bubuk. Pala juga bisa disimpan bersama dengan buahnya namun biasanya tidak terlalu tahan lama.
Menggunakan pala dalam masakan juga cukup mudah. Pala hanya perlu ditumbuk atau diparut lalu digiling kembali bersama bumbu halus lainnya. Cara lainnya adalah menyimpan pala bubuk dan menaburkan dalam masakan. Dengan begitu, pala lebih mudah tercampur di dalam masakan. Untuk minuman, pala bisa ditambahkan dalam kondisi sudah digiling halus atau bubuk.



3. Kacang
Hasil gambar untuk kaCANG
Kacang adalah salah satu jenis polong-polongan yang banyak digemari masyarakat. Berbagai jenis kacang juga dapat dijumpai namun jika masyarakat menyebut kata kacang umumnya yang mereka maksudkan adalah kacang tanah. Kacang berbentuk oval dengan lekukan di bagian sampingnya. Bentuk ini menuyerupai bentuk lambung pada manusia. Banyak yang mengatakan bahwa bentuk dan ukuran ini sama seperti lambung pada bayi ketika baru lahir. Namun, dengan ukuran yang kecil pastinya. Kacang dipercaya memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh sehingga menjadi makanan layak konsumsi. Dengan harganya yang terbilang murah, kacang memiliki kandungan protein dan juga energi yang tinggi. Kandungan lemak yang ada di dalam kacang juga merupakan lemak sehat yang berguna bagi kesehatan. Bagi siapa saja dan dalam keadaan apapun, kacang merupakan cemilan yang sehat. Berbagai jenis kacang yang dikenal masyarakat adalah kacang tanah, kacang merah, atau kacang hijau. Tentu masyarakat sudah unum dengan jenis kacang tersebut dan berbagai kegunaannya.
Fungsi
Kandungan protein, lemak sehat, mineral dan berbagai vitamin sangat penting bagi kelangsungan kesehatan mereka yang mengkonsumsi kacang. Selain itu sejumlah kacang juga digunakan sebagai campuran makanan, baik itu makanan utama maupun hidangan penutup atau dessert. Sebagai contoh Anda dapat memasak sop ayam dengan menggunakan kacang merah. Hal ini tidak lain dikarenakan kandungan gizi yang ada di dalam kacang. Sementara kacang hijau yang sering dibuat sup atau es dipercaya dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan memperlancar air susu ibu. Umumnya segala jenis kacang berguna bagi ibu mneyusui karena akan membangkitkan hormon yang berfungsi untuk memperlanjar laju ASI ini.
Cara Mengolah
Ketika masyarakat baru membeli kacang, mereka dapat menyimpam kacang dalam wadah bersih dan letakkan dalam udara bebas. Jika kacang masih memiliki kulit akan lebih fleksibel kapan masyarakat akan menggunakannya. Jangan simpan kacang terlalu lama jika kacang tersebut sudah lepas kulitnya. Hal ini akan menyebabkan kutu berkembang biak di dalamnya. Berbagai macam cara pengolahan kacang adalah dengan carai direbus, di goreng, atau dikukus. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar