Selasa, 12 November 2019

Ingredient #6


1. Timun
Hasil gambar untuk timun
Timun merupakan salah satu tanaman yang menghasilkan buah yang banyak dijumpai khususnya di berbagai macam tempat makan khas Sunda. Mengapa Sunda? Karena tempat makan khas daerah ini memiliki banyak makanan yang disajikan dengan lalapan. Timun merupakan salah satu diantara berbagai lalapan yang ada. Banyak masyarakat yang menggunakan kata timun sebagai ketimun atau mentimun. Namun, jenis yang dimaksud biasanya adalah sama. Jenis buah berbentuk lonjong yang agak melengkung di bagian ujungnya berwarna hijau dengan gradasi di bagian ujung-ujungnya. Untuk memetik buah timun ini, waktu yang tepat adalah ketika buah timun dalam kondisi setengah matang. Hal ini untuk menjamin biji timun tidak menjadi hitam sebelum waktunya.
Berbagai kegunaan dapat diperoleh dari timun. Selain kegunaan timun yang utama, yaitu sebagai pelengkap lalapan, timun juga memiliki beberapa khasiat di bidang kesehatan. Timun memiliki kandungan air yang sangat tinggi. Hal ini pastinya sangat berguna bagi kulit wajah yang kering. Selain itu, timun juga mengandung vitamin A, B, dan C. Mineral yang ada di dalamnya juga membawa timun kerap kali digunakan sebagai masker wajah. Sebagian masyarakat malah menggunakan timun sebagai penutup mata dikala mereka tidur sebagai obat untuk menghilangkan kelelahan.
-Sebagai lalapan, Anda cukup mencuci bagian timun lalu memotong timun sesuai selera. Umumnya masyarakat akan memotong timun berbentuk bulat sesuai dengan bentuk aslinya. Ketebalan yang dihasilkan adalah standar tetapi biasanya lalapan tidak disajikan dengan bentuk yang terlalu tipis.
-Sementara timun juga bisa digunakan sebagai pelengkap makanan. Sebagai contoh ketika kita menyantap makanan khas daerah Palembang, yaitu empek-empek. Saat menggunakan cuka hitam, tentu kita akan menggunakan potongan timun di dalamnya.
-Sebagai obat alami untuk mengatasi kelelahan, gunakan dua buah potongan timun berbentuk bulat. Lalu letakkan di bagian mata satu per satu, kemudian pejamkan mata dan beristirahatlah. Lakukan kegiatan ini sekurang-kurangnya setengah jam setiap hari. Dijamin mata Anda akan terbebas dari kantung mata. Simpan timun dengan plastik yang membungkus bagian ujungnya supaya tidak kering.

Sumber : http://www.kerjanya.net/faq/18324-timun.html


2. Kembang Kol
Hasil gambar untuk kembang kol

Kol merupakan sayuran berbentuk krop yang berasal dari benua Eropa. Sayuran yang satu ini memiliki daun yang digunakan sebagai hidangan sayur. Bentuknya yang berupa gumpalan terbentuk dari susunan dedaunan. Tanaman kol dikembangbiakkan pada udara dingin. Jika Anda mengembangbiakkan kol pada suhu tropis, tanaman ini akan mati sebelum berbunga. Selain kol, tanaman yang satu ini juga dikenal dengan nama kubis.
Fungsi
Kegunaan dari kol yang paling utama adalah sebagai sayuran untuk dikonsumsi manusia. Kol bisa dimasak dalam berbagai bentuk. Yang paling populer adalah kol dibuat sebagai bahan campuran sop ayam. Dengan menambahkan sedikit sayuran kol ini akan membuat kuah sop Anda menjadi manis. Terkadang tempat makan juga menyajikan kuah bening dengan sayur kol di dalamnya. Namun, banyak yang mengatakan sayur kol ini bukan sahabat yang baik bagi ibu menyusui. Disinyalir kol bisa membuat air susu ibu menjadi berkurang. Bagi Anda yang sedang menyusui buah hati, hendaknya mengurangi pasokan kol dalam lauk pauk Anda. Bagi sebagian orang, kol juga bisa menyebabkan kekembungan atau keadaan perut yang tidak enak. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat mengkonsumsi kol dalam jumlah sedikit atau standar tidak berlebihan.
Cara Mengolah
-Karena bentuknya yang berupa krop, Anda dapat membuka setiap lembar sayur kol sebelum diolah lebih lanjut. Sangat mudah membuka lembaran demi lembaran. Baru setelah samuanya terpisahkan, cuci helaian daun kol ini dengan air mengalir. Sebagian orang langsung mengolah kol dalam keadaan panjang, sebagian lagi akan memotong sayur ini terlebih dahulu.
-Untuk menjadikan sayur kuah, setiap helaian sayur kol dapat Anda potong menjadi beberapa bagian kecil lagi secara mendatar. Jika Anda sudah membeli sayur kol tetapi belum berniat langsung memasaknya, Anda dapat membungkus kol dengan plastik mika rapat sehingga akan menghindari oksidasi dengan udara bebas. Bungkus keseluruhan kol dengan menggunakan plastik ini hingga rapat. Jika Anda menyantap menu shabu-shabu atau makanan rebusan, kol merupakan pilihan sayuran yang sangat tepat.

Sumber : http://www.kerjanya.net/faq/18486-kol.html


3. Wortel
Hasil gambar untuk wortel

Wortel adalah jenis umbi-umbian yang memiliki akar dibawahnya. Wortel ini memiliki tiga jenis warna yaitu, oranye, ungu, dan merah cenderung pink. Ukuran dari wortel ini adalah panjang dan memiliki akar dibawahnya dan daun tumbuh diatasnya. Rasa yang dihasilkan dari wortel biasanya manis sehingga banyak orang suka mengkonsumsinya langsung secara mentah setelah dicuci bersih. Wortel ini memiliki manfaat yang cukup baik untuk kesehatan mata. Wortel ini memiliki banyak cara untuk diolah yaitu, wortel dapat dimasak, dijus, ataupun sebagai masker. Mengolah wortel menjadi masakan sangat mudah dan sehat karena selain lezat juga bergizi tinggi. Cara mudah memasak wortel adalah dengan cara merebusnya kemudian dapat dimakan langsung dengan menggunakan cocolan mayones. Selain itu, wortel sering digunakan sebagai bahan untuk membuat sayur sop, sayur bayam, atau cap cay.
Fungsi
Wortel sebagai sayuran yang mengandung banyak vitamin A sehingga sangat baik untuk kesehatan mata. Selain itu, wortel juga memiliki kandungan gizi lainnya seperti vitamin C dan sodium. Mengkonsumsi wortel setiap hari sangat baik untuk kesehatan tubuh kita yaitu, melancarkan pencernaan, kesehatan mata, mengontrol kolesterol, kesehatan kulit, mencegah penyakit kanker, dan mengurangi resiko terjadinya penyakit jantung. Jika Anda menyukai mengkonsumsi wortel yang mentah itu sangat baik untuk menjaga kesehatan mata Anda.
Mengolah wortel menjadi makanan sangat mudah dan bervariasi. Rasa yang diberikan dari wortel yang manis ini menjadikan masakan menjadi lebih nikmat. Wortel dapat dimasak menjadi campuran cap cay, sayur bayam, ataupun menjadi acar. Jika Anda suka minum jus, wortel dapat menjadi salah satu buah yang wajib Anda minum tentunya dengan tidak mencampur gula ke dalamnya agar tetap segar dan tidak mengandung gula yang justru tidak baik untuk kesehatan.
Cara Mengolah
-Wortel yang tidak disimpan dengan baik akan membuatnya cepat busuk. Jika Anda dapat memilih dan menyimpan dengan baik, wortel dapat bertahan lebih lama dan Anda dapat mengolahnya. Berikut beberapa cara agar wortel yang Anda miliki tidak cepat busuk dan cara mengolahnya:
Setelah membeli wortel, cuci bersih wortel yang masih terdapat kotoran yang menempel pada badan wortel;
-Potong bagian atas wortel yang terdapat daunnya. Cara ini berguna untuk mencegah adanya daun tumbuh;
-Simpan wortel yang sudah dicuci bersih pada kantung plastik dan ikat;
-Simpan wortel pada lemari pendingin dan di bagian rak tempat untuk menyimpan sayur agar wortel Anda tetap terjaga kesegarannya;
-Wortel yang sudah dicuci bersih dapat diolah menjadi berbagai macam olahan. Caranya cukup potong wortel menjadi bentuk menyerong jika ingin memasak cap cay atau potong wortel bentuk bulat untuk digunakan sebagai campuran sayur sop dan sayur bayam;
-Memasak wortel tidak memerlukan waktu yang lama, karena jika terlalu lama wortel akan hancur. Sebaiknya masukkan wortel jika sayuran yang Anda masak sudah setengah matang;
-Untuk Anda yang menyukai jus, wortel cukup dipotong-potong kemudian diblender dan saring hasil jus wortelnya agar ampas dari wortelnya tidak ikut terminum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar