Selasa, 12 November 2019

Ingredient #5


1. Jeruk Nipis
Hasil gambar untuk jeruk nipis
Jeruk nipis adalah jenis buah jeruk dengan nama lain lime, citrus, atau jeruk asam. Jeruk nipis berbentuk bulat, memiliki warna hijau, dan berkulit sedikit keriput. Jeruk nipis mudah ditemukan karena mudah tumbuh di daerah tropis. Jeruk nipis mempunyai rasa yang kecut dan asam namun beraroma harum dan segar. Jeruk nipis banyak digunakan untuk masakan, minuman, bahkan obat. Jeruk nipis merupakan tanaman obat keluarga atau TOGA yang bisa ditanam di kawasan perumahan bahkan menggunakan media polybag atau hidroponik. Jeruk nipis juga termasuk tanaman yang tahan dari hama, perubahan cuaca, dan penyakit sehingga merupakan komoditi pangan dan pertanian  yang cukup bagus dikembangkan.
Fungsi
Jeruk nipis mengandung senyawa citrus, vitamin C, dan asam alfa hidroksi yang berfungsi tinggi untuk kesehatan. Vitamin C dalam jeruk nipis bagus untuk antioksidan, menjaga sistem imun tubuh, dan menyembuhkan panas dalam. Sedangkan senyawa asamnya bagus untum menjaga kesehatan kulit. Jeruk nipis juga berfungsi sebagai obat batuk.
Jeruk nipis tentunya menjadi bahan untuk masakan dan olahan kuliner lainnya. Fungsi jeruk nipis antara lain menghilangkan bau amis pada ikan dan ayam. Selain itu, jeruk nipis juga menambah kesegaran olahan sambal. Tidak hanya itu saja, jeruk nipis juga bisa dimanfaatkan sebagai minuman hangat dan minuman dingin.
Cara Mengolah
-Jeruk nipis hendaknya disimpan di tempat yang kering dan terbuka. Pengolahan jeruk nipis sendiri ada berbagai macam seperti di bawah ini :
-Untuk menghilangkan bau amis, jeruk nipis dibelah dua dan diperas langsung di atas bahan masakan misal ikan atau ayam;
-Untuk menambah aroma, jeruk nipis dibelah dua dan diperas di atas masakan lalu diaduk hingga bercampur;
-Untuk dibuat sirup, jeruk nipis diperas, ditambahkan air secukupnya dan gula lalu dimasak hingga gula larut. Dinginkan, seduh dengan air dengan takaran satu gelas air dan dua hingga tiga sendok makan sirup jeruk nipis;
-Untuk obat batuk, jeruk nipis diperas di atas sendok makan dan ditambahkan kecap manis lalu ditelan seperti mengkonsumsi obat batuk.


2. Jeruk Purut
Hasil gambar untuk jeruk purut
Jeruk purut adalah salah satu jenis buah yang berbentuk bulat, tekstur kulitnya kasar dan bergelombang. Rasa asam dan aroma khas dari jeruk purut menjadikannya biasa dimanfaatkan sebagai bumbu untuk berbagai masakan, daun jeruk purut juga banyak dipakai karena aromanya yang juga harum.

Fungsi
Jeruk purut berkhasiat untuk menyembuhkan flu, kulit kusam, kelelahan dan bisa juga untuk menghilangkan ketombe. Ini karena jeruk purut memiliki banyak kandungan gizi seperti zat tanin, saponin, steroid triterpenoid serta minyak asiri yang memiliki banyak sitrat di dalamnya.
Dalam dunia tata boga, daun maupun buah jeruk purut banyak digunakan sebagai penyegar, penambah rasa dan pengharum masakan. Jeruk purut bisa dibalurkan ke daging maupun ikan segar sebagai penghilang bau amis, bisa juga ditambahkan ke saus gado-gado, saus pecel, dan berbagai hidangan lain sebagai penambah rasa asam dan aroma yang menyegarkan. Selain itu, jeruk purut juga banyak dipakai sebagai minuman segar dan garnish untuk beberapa jenis kue atau puding.
Cara Mengolah
Jeruk purut yang sudah masak di pohon biasanya akan jatuh sendiri ke tanah. Jika dibiarkan di dalam suhu ruangan, buah jeruk purut yang sudah masak hanya akan bertahan sekitar 3-4 hari saja. Untuk itu Anda bisa menyimpannya di dalam lemari es agar lebih awet. Beberapa tips lain yang perlu Anda ketahui adalah:
-Daun jeruk purut bisa lebih awet dengan cara dijemur atau dikeringkan, yakni bisa bertahan hingga berbulan-bulan;
-Masukkan buah jeruk purut ke wadah plastik sebelum disimpan di dalam lemari es atau bisa juga lebih awet dengan cara dibekukan;
-Untuk menggunakan jeruk purut yang telah disimpan, cuci saja jeruk purut menggunakan air yang mengalir;
-Untuk membuat adonan rempeyek lebih beraroma dengan jeruk purut, Anda bisa memotong bagian kulit dan sedikit daging buah jeruk purut dan dicampurkan ke adonan tepung untuk membuat peyek sebelum digoreng;
-Jika ingin membuat sambal kacang untuk pecel atau gado-gado, Anda tinggal memotong sedikit daging buah dari jeruk purut lalu dimasukkan ke dalam campuran cabai, kacang, bawang dan garam kemudian uleg sampai halus lalu beri air sedikit demi sedikit hingga kental.

Sumber : http://www.kerjanya.net/faq/17968-jeruk-purut.html


3. Lemon
Hasil gambar untuk lemon

Lemon atau jeruk lemon atau yang juga dikenal sebagai sitrun adalah salah satu jenis jeruk yang sering digunakan dalam berbagai makanan dan minuman. Lemon memiliki bentuk dan warna yang khas, yaitu kuning cerah warnanya dan bentuknya lonjong dengan ujung-ujungnya yang mengerucut. Bagian kulitnya empuk agak tebal, dan bulirnya berwarna bening kekuningan. 
Lemon memiliki citarasa asam yang khas buah jeruk, tapi juga memiliki rasa manis. Sehingga rasanya asam manis segar dengan aroma yang kuat. Lemon memiliki karakteristik yang hampir sama dari segi rasanya dengan jeruk nipis. Keduanya juga bisa saling menggantikan, terlebih karena harga lemon juga cenderung lebih mahal. 
Fungsi
Bagina yang paling sering dimanfaatkan dari jeruk lemon adalah airnya atau air perasannya. Biasanya, air jeruk lemon digunakan untuk bahan minuman, atau untuk memarinase daging. Sari lemon juga digunakan untuk memberikan rasa pada kue dan cake, serta salad. Bagian kulitnya juga bisa diparut untuk digunakan dalam pembuatan cake. 
Lemon sangat kaya akan vitamin C, asam sitrat, kalsium, fosfor, dan magnesium. Lemon sangat baik dikonsumsi untuk membersihkan sisa-sisa makanan dalam organ pencernaan.
Cara Mengolah
-Jeruk lemon ternyata lebih mudah membusuk bila diletakkan dalam suhu ruang. Sedangkan bila diletakkan dalam kulkas tanpa dibungkus, lemon ternyata juga tidak bertahan lama karena kadar airnya akan mudah hilang. 
Nah, jika ingin awet menyimpan jeruk lemon, Anda bisa melakukan salah satu dari 2 cara ini :
-Masukkan jeruk lemon ke dalam wadah kedap udara atau plastik wrap yang ketat. Simpan dalam kulkas bagian bawah. Cara ini dapat mempertahankan lemon kira-kira 3-4 minggu;
-Bungkus jeruk lemon dengan plastik wrap dan segel rapat-rapat. Masukkan dalam freezer. Jika ingin digunakan, cukup rendam sebentar dengan air panas agar tidak lagi membeku.

Sumber : http://www.kerjanya.net/faq/18124-lemon.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar