Minggu, 10 Maret 2019

Local Food #1

1. Kapurung


Kappurung adalah salah satu makanan khas tradisional di Sulawesi Selatan, khususnya masyarakat daerah Luwu (Kota Palopo, Kabupaten Luwu, Luwu Utara, Luwu Timur) Makanan ini terbuat dari sari atau tepung sagu. Di daerah Maluku dikenal dengan nama Papeda. Kappurung dimasak dengan campuran ikan atau daging ayam dan aneka sayuran. Meski makanan tradisional, Kappurung mulai populer. Selain ditemukan di warung-warung khusus di Makassar juga telah masuk ke beberapa restoran, bersanding dengan makanan modern.Di daerah Luwu sendiri nama Kappurung' ini sering juga di sebut Pugalu atau Bugalu.

Bahan-Bahan:
Bahan sayur bening :

2 ikat kangkung
2 buah jagung manis
1 buah ontong pisang/jantung pisang
1/4 kg udang
Bahan ikan rebus :
1 kg ikan bandeng
5 siung bawang putih
2 ruas jari kunyit
1 buah jeruk nipis
Bahan untuk sagu :
1/2 bungkus tepung sagu
Secukupnya air panas
Bahan lainnya :
Garam
Gula pasir
Penyedap
Pelengkap :
Kacang tanah
Sambal terasi
Jeruk sambal

Cara Membuat: 
1. Potong-potong dan cuci bersih bahan untuk sayur bening. Kemudian rebus air hingga mendidih, masak sayur dan udang hingga matang, tambahkan gula, garam, dan penyedap rasa secukupnya.

 2. Cuci bersih ikan kemudian potong sesuai selera, beri perasan jeruk nipis. Kemudian haluskan bawang putih dan kunyit. Rebus ikan bersama bumbu yang telah dihaluskan, tambahkan garam secukupnya. Rebus hingga ikan matang. Setelah ikan matang, pisahkan daging dengan tulangnya agar lebih mudah saat makan.

 3. Masukkan tepung sagu ke dalam baskom, siram dengan air biasa kemudian biarkan tepung sagu mengendap. Setelah mengendap buang air yang berada diatasnya. Kemudian siram dengan air panas sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai warnanya berubah bening. Kemudian bentuk sagu dan celupkan ke dalam air rebusan ikan.

 4. Setelah selesai semuanya, nikmati kapurung dengan tambahan sambal terasi, kacang tanah, dan jeruk

 Sumber: 



 2. Gado-Gado


 Gado-gado adalah salah satu makanan yang berasal dari indonesia yang berupa sayur sayuran yang direbus dan dicampur jadi satu,dengan bumbu kacang atau saus dari kacang tanah dan yang dihaluskan disertai irisan telur dan pada umumnya banyak yang menambahkan kentang rebus yang sudah dihaluskan untuk saus gado gado kentang rebus dimasak bersamaan dengan bumbu kacang kemudian di atasnya ditaburi bawang goreng.sedikit emping goreng atau kerupuk (ada juga yang memakai kerupuk udang) juga ditambahkan.

Gado-gado dapat dimakan begitu saja seperti salad dengan bumbu/saus kacang, tetapi juga dapat dimakan beserta nasi putih atau kadang-kadang juga disajikandengan lontong.

Bahan-Bahan: 

 250 gr selada keriting segar
 100 gr kacang panjang
 2 buah tomat
 100 gr tauge
 500 gr kentang
 2 buah mentimun
 1 papan tempe
 5 buah tahu
 5 butir telur ayam
 Minyak goreng
 kerupuk
Bumbu untuk saus kacang:
 3 buah cabe rawit segar
 5 siung bawang putih
 250 gr kacang tanah
 3 sdm air asam jawa
 3 lembar daun jeruk purut
 1 sdt garam
 500 ml santan dari satu butir kelapa
 50 gr gula merah

Cara Membuat:
1. Siapkan kacang tanah, cuci bersih kemudian sangrai dan buang kulit arinya.


2. Haluskan cabe rawit dan bawang putih kemudian rambahkan daun jeruk lalu tumis hingga harum.

3. Masukkan kacang tanah sangrai, bumbu halus, dan santan ke dalam blender, kemudian blender sampai halus.

4. Keluarkan adonan saus kacang lalu rebus sebentar hingga mendidih dan tambahkan garam, serta irisan gula merah. bumbu gado 2 pun siap.

5. Rebus telur ayam dan semua sayuran sampai matang, kemudian tiriskan.

6. Goreng tempe dan tahu hingga kering.

7. Tata sayuran sedemikian rupa ke dalam piring, tambahkan telur rebus, potongan tahu-tempe, kemudian siram dengan saus kacang dan taburi kerupuk diatasnya.

Sumber: 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar