Jumat, 02 Agustus 2019

TERMINOLOGI MENU ORIENTAL BUFFET


1.Thai Beef Salad


Merupakan salad atau appetizer asal thailand yang terdiri dari daging sapi yang di grill lalu di iris tipis kemudian di campurkan dengan lime juice, red cabbage dan birds eye chili kemudian di toss dan di sajikan dengan kondisi dingin dan biasa di garnish dengan cilantro leaves.

2.Chinese Spinach & Peanut Salad


Bayam Cina dan salad kacang adalah kombinasi "kacang cuka tua" dan salad bayam gaya Cina. Kedua hidangan keduanya adalah bintang di restoran Cina lokal dan kadang-kadang orang menyajikannya bersama untuk menciptakan rasa mulut yang lebih baik. Untuk memasak kacang cuka, kacang cepat digoreng sampai renyah dan kemudian ditaburi dengan saus cuka pedas. Kacangnya bermentega dan renyah, sementara cuka menambah rasa yang enak dan membuat hidangan lebih lezat. Salad bayam memiliki ide yang sama, dan bayam yang dihaluskan disajikan dengan saus cuka yang sama. Kedua hidangan disajikan sebagai makanan pembuka sederhana, atau yang disebut hidangan dingin (liang cai) di China.

3. Tom Yam Goong 


Tom yum adalah sup yang berasal dari Thailand. Sup ini merupakan salah satu makanan Thailand yang terkenal. Di Thailand, tom yum biasanya dibuat dengan udang (tom yum goong), ayam (tom yum gai), ikan (tom yum pla), atau makanan laut yang dicampur (tom yum talay atau tom yum po taek) dan jamur.

4. Pho Bo


Pho adalah masakan mi sapi dari Vietnam. Makanan ini berasal dari Hanoi dan menyebar ke selatan hingga ke Kota Ho Chi Minh, dan ke seluruh dunia. Mi untuk phở disebut bánh phở, dibuat dari tepung beras. Setelah mi dan tauge diletakkan di dalam mangkuk, di atasnya diletakkan irisan daging ayam atau irisan tipis daging sapi (mentah atau matang sesuai selera). Bila irisan daging sapi mentah yang digunakan, siraman kuah panas membuat irisan daging menjadi matang. Sebelum dihidangkan, di atas mi ditaburkan irisan daun bawang, daun ketumbar, atau bawang bombay sebagai penyedap. Kuah dibuat dengan cara menggodok potongan besar daging sapi, tulang sapi, atau buntut sapi dengan perlahan hingga didapat kaldu yang kental, namun bening. Proses pembuatan kuah untuk phở bisa berlangsung berjam-jam hingga sehari semalam. Rempah-rempah untuk kaldu terdiri dari jahekayu manis, dan bunga lawang. Phở sering dihidangkan bersama cakwe, dan dinikmati dengan tambahan sambal botol, kecap ikancuka, atau perasan jeruk limau.

5. Gai Tod Takrai


Gai Tod Takrai atau Gai Sai Takrai adalah hidangan yang menggunakan ayam sebagai bahan utamanya. Memiliki rasa sarat pedas dan herbal, serta memiliki rasa yang tidak biasa, tidak seperti masakan Thailand lainnya. Jika ingin lebih pedas, sisihkan sebagian cabe, tetapi tambahkan sedikit hanya untuk rasa.

6.Yam Make A Yo


Yam Makeua Yo adalah hidangan favorit Levantine terong (terong) yang dihaluskan dan dicampur dengan berbagai bumbu. Seringkali terung dipanggang atau dipanggang di atas nyala api sebelum mengupas, sehingga ampasnya lembut dan memiliki rasa berasap. makanan ini biasanya dimakan sebagai saus dengan roti pita, dan kadang-kadang ditambahkan ke hidangan lainnya. Biasanya berwarna coklat muda yang bersahaja. Di Ethiopia, hidangan ini umumnya dikenal sebagai blagadoush.

7. Ingen No Goma Ae


Ingen No Gama Ae atau Green Beans with Sesame Sauce adalah hidangan dari Jepang yang terbuat dari kacang buncis segar yang dicampur dengan saus wijen yang lezat. Biasanya makanan ini disajikan sebagai salad dingin.

8. Onigiri

 Onigiri atau nasi kepal adalah nama Jepang untuk makanan nasi yang dipadatkan sesekali hangat, seperti, karung beras. Dikenal juga dengan nama lain omusubi, istilah yang kabarnya dulu digunakan kalangan wanita di istana kaisar untuk menyebut onigiri. Onigiri dimakan dengan tangan, tidak memakai sumpit. Pada buku harian Murasaki Shikibu Nikki dari Murasaki Shikibu pada abad ke-11 ditulis tentang orang utan bola-bola nasi. Pada waktu itu, onigiri disebut tonjiki dan sering dimakan pada piknik makan siang. Pada tahun 1987 ditemukan gumpalan butiran nasi yang terkarbonisasi peninggalan zaman Yayoi dari penggalian arkeologi yang dilakukan di pusat Ishikawa. Dari nasi berbentuk onigiri yang sudah terkarbonisasi yang ditemukan sisa bekas-tekan jari tangan manusia. Selain itu, nasi yang dibentuk mirip onigiri juga ditemukan di situs penggalian isi Kanagawa.

9. Tang Yuan

Tang Yuan adalah makanan penutup Cina yang dibuat dari tepung beras ketan dicampur dengan sedikit air untuk membentuk bola dan kemudian dimasak dan disajikan dalam air mendidih atau sirup manis (sirup jahe manis, misalnya). Tangyuan dapat berupa kecil atau besar, dan diisi atau tidak diisi. Mereka secara tradisional dimakan selama Yuanxiao atau Festival Lampion, tetapi juga disajikan sebagai makanan penutup pada hari pernikahan Cina, Festival Musim Dingin Solstice , dan setiap kesempatan seperti reuni keluarga.

10.Khao Niaow Ma Muang

Nasi ketan mangga adalah makanan penutup tradisional Thailand yang dibuat dari beras ketan, mangga segar dan santan, dan dimakan dengan garpu, sendok, atau kadang-kadang tangan. Meskipun berasal dari Thailand, ini dikonsumsi di seluruh wilayah Indo-china di Asia Tenggara, termasuk Laos, Kamboja, dan Vietnam. Mangga beras ketan biasanya dimakan di musim puncak mangga, bulan-bulan musim panas April dan Mei di Thailand.

11.   Tangzhong Bread

Tang Zhong atau water roux adalah adonan campuran roti yang dibuat untuk membuat roti menjadi lebih lembab. Dengan cara ini kandungan air yang diserap oleh roti menjadi lebih banyak sehingga roti yang dihasilkan sulit menjadi kering. Tang zhong (juga dikenal sebagai 'roux air') adalah metode yang digunakan dalam pembuatan roti untuk menciptakan roti lembut dan halus yang berasal dari Jepang. Namun, itu dipopulerkan di seluruh Asia Tenggara pada 1990-an oleh seorang wanita China bernama Yvonne Chen yang menulis sebuah buku berjudul The 65° Bread Doctor. Menggunakan metode ini juga memungkinkan roti untuk tetap segar lebih lama tanpa perlu menggunakan pengawet buatan. Di Cina disebut tang zhong, sementara di Perancis namanya water roux method. Tapi menurut beberapa sumber, metode ini pertama kali dipakai di Jepang dengan nama hokaido bread, tapi dipopulerkan di China.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar