Sabtu, 28 April 2018

Ingredient

Ingredient


Coriander (Ketumbar)
    
History 




                   Ketumbar (Coriandrum sativum) adalah tumbuhan rempah-rempah yang populer. Buahnya yang kecil dikeringkan dan diperdagangkan, baik digerus maupun tidak. Bentuk yang tidak digerus mirip dengan lada, seperti biji kecil-kecil berdiameter 1-2 mm. Dalam perdagangan obat ia dinamakan fructus coriandri. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai coriander dan di Amerika Latin dikenal sebagai cilantro. Tumbuhan ini berasal dari Eropa Selatan dan sekitar Laut Kaspia.



Nutrient Content


         Manfaat yang diambil dari ketumbar ialah dari daun, biji, dan buah . Dari semua bagian ini terdapat kandungan berupa kandungan alami dari tumbuhan tersebut . Khasiatnya tak sebatas pelancar pencernaan saja. Ketumbar juga berguna untuk meredakan pusing ,muntah-muntah,influenza ,wasir , radang lambung dan radang payudara,campak,masuk angin,serta tekanan darah tinggi.


Function




                  Manfaat tumbuhan ini sudah banyak dirasakan di berbagai Negara. Ketumbar biasanya digunakan sebagai pelancar pencernaan,peluruh kentut (carminative) peluruh ASI (lactago) , dan penambah nafsu makan ( stomachica). Namanya berbeda-beda di berbagai daerah  di Indonesia .Ketumbar ini juga berfungsi untuk member aroma pada makanan.


Caracteristic





        Biasanya, tumbuhan ini ditanam di kebun-kebun daerah dataran rendah dan pegunungan . Seperti halnya seledri , tumbuhan ini hanya mencapai ketinggian satu meter dari tanah.

    Daunnya hijau dengan tepian bergerigi . Sedangkan untuk bunga majemuknya berbentuk payung bersusun berwarna putih dan merah muda . Untuk buah , bentuknya hamper bulat berwarna kuning bersusun , kalau matang , buahnya mudah dirontokkan.





Source: Wikipedia.com

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar