Kamis, 01 Maret 2018

Ingredient

Ingredient


1. KAYU MANIS



Rempah adalah sesuatu atau beberapa substansi nabati seperti cengkeh, "Kayu Manis", pala, lada dan sebagainya yang dimanfaatkan untuk meningkatkan cita rasa makanan'. Disamping Spices, juga dikenal istilah Herbs yang berarti tanaman rempah penyembuh. Namun, pada kenyataannya sulit untuk memisahkan antara Spices dan Herbs. Ini disebabkan Herbs pun dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan cita rasa makanan.

Spices dan Herbs atau singkatnya disebut rempah sudah dikenal manusia beberapa ribu tahun sebelum Masehi, tepatnya tahun 2600 - 2100 SM (Sebelum Masehi). Di Mesir, "Kayu Manis" (Cinnamon) dimnfaatkan untuk membalsam mayat raja-raja yang akan dijadikan mumi. Namun, sejarah menyatakan bahwa "Kayu Manis" sudah masuk Mesir dan Eropa sekitar abad ke 5 Sebelum Masehi. Bangsa Saba bertanggung jawab atas berlangsungnya perdagangan "Kayu Manis" dari India dan Srilanka (Ceylon) ke negara Arab bagian Selatan. Pedagang Saba saat itu masih menyembunyikan asal-usul tanaman ini.

Di Indonesia, tanaman "Kayu Manis" dari Srilanka (Cinnamomum zeylanicum) didatangkan ke Pulau Jawa tahun 1825 yang kemudian menyebar ke India Selatan, Madagaskar, hingga Brazil. Walaupun demikian, hasil kulit "Kayu Manis" dari Srilanka masih tetap terkenal karena kualitasnya melebihi hasil dari negara lain.


Manfaat Kayu Manis

Nama botani kayu manis adalah Cinnamomum burmani (nees) bl. kaneelkassia, Cinnamomum tree (inggris) yin xiang (Cina). Sudah sejak ribuan tahun lalu kayu manis  digunakan untuk bumbu masak, dan juga untuk mengobati beberapa keluhan penyakit karena rasanya yang pedas menghangatkan dan aromanya yang harum menjadi tonik dan stimulan yang ampuh untuk menangkal penyakit dan meningkatkan energi serta melindungi tubuh dari infeksi, dan rasa lesu karena influenza.


Sumber : http://laely-widjajati.blogspot.co.id/2012/02/sejarah-kayu-manis.html




Tidak ada komentar:

Posting Komentar